Friday, January 14, 2011

500 Days of Summer (2009)

Director: Marc Webb
Writers: Scott Neustadter, Michael H. Weber
Stars: Zooey Deschanel, Joseph Gordon-Levitt and Geoffrey Arend


Sebelumnya, ini merupakan rubrik movie review saya yang pertama.. selamat iqro'.. :)


500 Days of Summer adalah sebuah film bergendre drama yang unik.. Layaknya pelm drama kebanyakan, pelm ini juga bercerita tentang sebuah hubungan 2 orang anak manusia.. Dikisahkan Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt), yang merupakan seorang pegawai perusahan kartu ucapan, bertemu dengan Summer Finn (Zooey Deschanel) yang merupakan sekretaris baru di perusahaan itu. Kisahnya sangat sederhana, dimana Tom Hansen jatuh cinta pada Summer, namun Summer merupakan seorang gadis yang tidak percaya pada yang namanya cinta sejati.. Awal perkenalan mereka di lift kantor, dimana Tom memasang headphone di telinganya yang memainkan lagu the Smith "There Is a Light That Never Goes Out", dan Summer pun menyapa dan berkata "Smith, i like the Smith..".. Hingga merekapun berkenalan dan semakin dekat..


Hubungan Tom dan Summer berjalan dari hari ke hari.. Hubungan mereke sudah seperti orang pacaran, namun Summer tidak mau terikat dengan status "girlfriend/boyfriend" dan Tom menyetujui menjalani sebuah hubungan tanpa "label".. just let it flow..

Saya selalu menyukai film yang berhubungan dengan dunia arsitek, karena itu keren! Dan dalam film ini Tom sebenarnya memiliki sebuah cita-cita untuk menjadi seorang arsitek, namun karena ada beberapa hal cita-citanya (belum) terwujud..

Tapi jangan berfikir karena jalan cerita yang biasa menyebabkan film ini kurang menarik, justru sebaliknya karena meski kisahnya yang sederhana namun dengan detail-detail yang ciamik itulah yang membuat film ini menjadi tidak biasa.. Karena pekerjaanya yang sebagai penulis kartu ucapan, banyak sekali hal2 dan kata2 menarik yang muncul.. Yang paling saya suka adalah ketika tom menuliskan kata "I Love Us" dalam salah satu kartu ucapannya.. simple tapi kuat.. Selain itu juga banyak adegan-adegan menggelitik dalam scene film ini, seperti ketika mereka berdua saling meneriakkan kata "penis" secara kencang dan bergantian di sebuah taman terbuka.. sungguh konyol..


Dan jangan harap anda mendapatkan ending yang membahagiakan tentang hubungan mereka berdua, karna takdir tidak ada yang tahu bagaimana dan kapan datangnya.. tapi tenang, anda tidak akan melihat adegan "si cewek tertabrak mobil dan hilang ingatan" layaknya sinetron putri tertukar yang tayang di RCTI.. Ending tetap menarik, namun anda tidak akan menduganya..

Film ini disajikan secara apik dengan alur maju-mundur sepanjang 500 hari hubungan percintaan mereka.. Dan yang membuat saya memberikan nilai lebih dalam film ini adalah karena musiknya yang enak-enak, seperti: "Sweet Disposition" nya The Temper Trap, "Mushaboom" nya feist, dan tentu saja "There Is a Light That Never Goes Out" nya the Smith, meski masih ada tembang2 lain dari She & Him, Regina Spektor, Mumm-Ra dan masih banyak lainnya..

Dan saya memberikan 4 bintang untuk keseluruhan film ini, dan 5 bintang penuh untuk musik2 dalam film ini.. just cekidot teman2.. :)